Perbandingan pembuatan produk menggunakan simulasi program CNC dan CNC Milling



DOI: https://doi.org/10.25077/metal.6.1.53-59.2022

Author(s)

Hendra - (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten)
Y. Saputra (Universitas Bengkulu)
Putri - (Universitas Bengkulu)
Hernadewita - (Universitas Mercubuana)
Nasril - (BPPT)

Abstract


Perkembangan program Computer Numerically Controlled (CNC) Milling menggunakan simulasi sangat membantu proses pembuatan suatu produk dalam mengurangi kesalahan operator dan program yang dibuat sesuai dengan gambar tekniknya. Mesin CNC Milling bekerja untuk memotong dan membuat benda kerja merujuk ke 3 sumbu yaitu sumbu X, Y dan Z. Kesalahan pembuatan dan pemasukan program berupa pemosisian sumbu X, Y, dan Z dapat menyebabkan karakteristik geometrik benda kerja tidak tercapai (bentuk, dimensi, posisi dan kekasaran permukaan.) Kombinasi CAD/CAM sangat mendukung proses pembuatan produk yang memiliki ketelitian dan ketepatan yang sesuai dengan gambar desain sehingga karakteristik geometric benda kerja dapat dipenuhi. Kesalahan pembuatan program dan pemosisian sumbu X, Y dan Z dapat dapat diminimalkan dengan melakukan simulasi pengerjaan benda kerja tersebut seperti pemasukan kode-kode pemotongan benda kerja pada mesin CNC Milling (kode G dan M). Program simulasi yang dapat digunakan adalah Mastercam, swansoft simulation CNC (SSNC) dan lainnya. Penggunaan simulasi ini dapat membantu mempermudah dan mempersingkat waktu pembuatan program CNC Milling untuk produk yang akan dibuat dengan mendesain menggunakan CAD dan dilanjutkan dengan pembuatan program serta menginput program tersebut ke dalam MCU CNC Milling. Dalam paper ini focus menggunakan program simulasi Mastercam dan Swansoft CNC (SSCNC) untuk membuat produk milling dengan dimensi diameter luar 170, 16 mm dan diameter dalam 160,16 mm menggunakan material dural. Dimana hasil pembuatan simulasi program Mastercam dan SSCNC dibandingkan dengan proses pemotongan menggunakan mesin CNC Milling Leadwell V-30. Waktu proses pemesinan secara teoritis adalah 10,61 menit. Dari hasil simulasi dan pemesinan benda kerja menggunakan mesin CNC Milling Leadwell V-30 didapatkan waktunya adalah 9,53 menit untuk simulasi dan 10,56 menit untuk eksperimen. Dengan listing program yang sama antara CNC Leadwell V-30 dan simulasi SSCNC didapatkan selisih waktu pemesinan sebesar 0,09 menit.

Keywords


CNC Milling, SSCNC, Mastercam, Kode G, Elemen Dasar Pemesinan

Full Text:

PDF

References


S. Kalpakjian, S.R. Schmid, Manufacturing Engineering End Technology, Machining Processes And Machine Tools Ed.5,Prentice Hall, 2006:

R. Taufiq, Proses Pemesinan, ITB, Bandung, 2000.

J.V. Valentino and J. Goldenberg, 1988, Introduction to Computer Numerical Control, Publisher: Regents/Prentice Hall.

Pusztai, Joseph and S. Michael, Computer Numerical Control. Virginia: Reston Publishing Company, Inc. 1983.

Bhattacharya, I., 1969, Design of Cutting tools, Use of metal cutting theory, ASTME, Dearborn, Michigan.

F. Ridwan dan A. Novriheldi, Rancang Bangun Mesin CNC 2 Sumbu, Jurnal Sistem Mekanik Dan Termal - Vol. 01 No.02 (2017).

M.R. Fahlevi, Syafri, A. Susilawati, Perencanaan Cad Cam Mesin CNC Milling Router 3 Axis Dengan Perangkat Lunak Mastercam, JOM Fteknik Volume 4 No. 2 Oktober 2017.

_______, Simulation software, CNC Training Centre.

_______, Swansoft CNC Simulation software (ssCNC), www.swansoftcncsimulator.com.

B. S Wijanarka, Panduan Instalasi Program (Setup) Mesin CNC Virtual/Simulator, Modul Pemesinan Frais CNC Versi 5/2012, Prodi Pend.T.Mesin FT UNY.

A. Abizar, M. Fawaid, S. NurhajiPelatihan Pengoperasian Mesin CNC Berbasis Swansoft Simulator Kepada Siswa Teknik Pemesinan di Kota Serang, JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT ISSN 2540-8739 (print) | ISSN 2540-8747 (online) http://ppm.ejournal.id.

D. I. Permana dan Yayat, Optimasi Parameter Permesinan Terhadap Tingkat Kekasaran Permukaan Aluminium Proses Pembubutan Dengan Metode Taguchi, Metal: Jurnal Sistem Mekanik dan Termal, Vol. 03 No. 01 (2019) 10-16.

W. Sumbodo, Kriswanto, Murdani, I. Suwanda And T. Allam, Optimization of CNC Milling Machining Time Through Variation of Machine Parameters and Toolpath Strategy In Various Cross-Sectional Shape on Tool Steels and Die Steels Materials, The 7th Engineering International Conference (EIC) 2018, Engineering International Conference On Education, Concept And Application On Green Technology.


StatisticsArticle Metrics

This article has been read : 529 times
PDF file viewed/downloaded : 192 times

Copyright (c) 2022 Hendra - -

 


View METAL's Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.